Bisnis Franchise Dengan Modal Kecil

bisnis franchiseBisnis franchise adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis franchise ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, terutama bila membeli franchise dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis franchise yang dapat dijalankan dengan modal relative kecil:

1. Bisnis Franchise Makanan & Minuman

Menjalankan franchise makanan juga minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Ada banyak franchise makanan & minuman yang menawarkan franchisenya dengan harga yang relative murah, tapi tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih franchise seperti makanan serta minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

2. Bisnis Franchise Laundry & Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, usaha franchise laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis laundry dijalankan di lokasi yang strategis. Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kita memilih franchise yang punya reputasi baik dan mau memberikan solusi pada masalahmu sebagai pemula dalam bisnis laundry. Lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk franchise dari franchisor yang punya reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi resiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis ini.

3. Bisnis Di Bidang Kesehatan & Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa franchise ini sangat potensial untuk dijalankan.

4. Franchise Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan

Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan franchise bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila kamu adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka kamu harus mempertimbangkan untuk memilih bisnis ini.

Nah, dari beberapa jenis franchise yang sudah disebutkan di atas, tentunya kamu punya pilihan sendiri franchise apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan, kan!

Cari Duit Lewat Internet? Jajal Bisnis Online Ini

bisnis onlineBuat kalian yang masih kuliah tapi ingin dapat uang jajan tambahan, memulai bisnis online bisa jadi pilihan tepat! Saat ini, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Biasanya, bisnis online yang bertahan lama adalah bisnis yang berawal dari hobi atau passion kita. Mau tau apa aja bisnis berbasis internet yang bisa kamu coba? Yuk, simak artikel yang satu ini!

1. Admin atau Konsultan Pemasaran di Media Sosial

Saat ini, banyak banget brand yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu channel yang mendukung strategi pemasarannya. Terutama media-media sosial yang memiliki jumlah member yang sangat banyak seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Namun, seringkali band tersebut tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengelola akun media sosialnya. Nah, ini dia peluangmu untuk membangun bisnis online! Kamu bisa menjadi admin yang membantu merawat dan memposting tulisan secara teratur di channel media sosial tersebut. Selain nambah uang jajan, melalui usaha satu ini kamu juga bisa menambah pengetahuan dan jaringan!

2. Penulis Konten Pada Website

Banyaknya portal atau website merupakan salah satu lahan bisnis online bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang penulisan kreatif. Biasanya, portal atau website tersebut membutuhkan penulis untuk memperbaharui isi konten websitenya agar tetap eksis dalam mesin pencari atau search engine. Selain memaksimalkan hobi melalui online business yang satu ini, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan!

3. Reseller

Peluang bisnis berikutnya adalah menjadi reseller! Kamu bisa memanfaatkan internet untuk membantu memasarkan suatu produk atau jasa yang dimilki oleh supplier atau orang tertentu dengan menjadi reseller. Semuanya memberikan peluang bagi kamu untuk mendapatkan sejumlah uang atas jasa yang sudah dilakukan. Caanya adalah membantu menjualkan produk atau jasa tersebut.

4. Affiliate Marketer

Menjadi produk reviewer bisa menjadi pilihan buatmu sebagai mata pencaharian melalui bisnis online. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan membeli sebuah produk dan mencobanya. Dari situ kamu bisa membuat review dalam bentuk artikel ataupun video YouTube.

Ide Bisnis Millennial Buat Kamu Yang Males Kerja Di Kantor

bisnis millennialBerbisnis gak selalu tentang modal besar, meski pun punya budget di awal memang lebih baik. Tapi bukan berarti bisnis tidak bisa dimulai dengan modal kecil. Di era digital seperti sekarang ini, transaksi jual beli makin mudah. Gak harus selalu buka toko atau ruko, asal punya ide dan mau merealisasikan, budget minim bukan lagi masalah. Untuk yang ingin berbisnis tapi terbatas modal, di bawah ini ada beberapa referensi bisnis millennial yang bisa dimulai dengan budget maksimal Rp 100 ribu!

1. Pedagang Pulsa

Pulsa seluler jadi salah satu kebutuhan para generasi millenial yang gak ada habisnya. Kini pulsa seluler memang lebih mudah ditemukan. Tapi, kebanyakan orang malas melakukannya. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Dengan modal Rp 100 ribu, kamu bisa mengisi saldo ke agen pulsa dan melakukan transaksi lewat ponsel. Bisa juga dengan menggunakan M-Banking yang terhubung dengan ATM  meski biasanya ada biaya tambahan sebesar Rp 1.500 per transaksi. Kalau bisa menjalani bisnis millennial ini dengan tekun, keuntungannya lumayan, lho!

2. Penjual Aksesoris Wanita

Buat yang punya tangan terampil, bisnis millennial ini bisa dicoba. Aksesoris unik dan lucu yang dijual online sekarang banyak peminatnya. Berkreasilah sebebas mungkin untuk menciptakan produk yang punya nilai eksklusifitas. Misalnya dengan menyulap bahan daur ulang jadi kalung atau bando cantik. Ditambah dengan media pemasaran yang bagus dan gambar produk yang menarik, peluang aksesoris buatanmu dilirik pembeli pasti makin besar.

3. Camilan

Saat ini camilan pedas seperti lidi-lidian, makroni, basreng, dan lainnya sedang naik daun. Padahal rasanya sama dengan yang biasa kamu beli di warung, tapi kemasan yang digunakan sangat catchy. Sampai rasanya sayang untuk tidak membelinya. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk membuat sebuah bisnis millennial baru di pasaran. Kamu dapat mengemas lagi makanan tersebut menjadi lebih menarik untuk mengangkat nilai jualnya.

4. Jasa Titip

Jasa titip atau personal shopper  jadi salah satu bisnis yang banyak digeluti anak zaman sekarang. Sesuai namanya, seseorang akan menitipkan  produk tertentu yang akan kamu beli langsung dari tokonya tanpa perantara. Pelanggan tinggal ambil ke tempatmu atau dikirim kembali via ekspedisi. Kamu bisa berlakukan sistem pre order dengan DP 50 persen atau bisa juga sistem bayar di awal. Biasanya jasa titip punya tarif Rp 15-25 ribu per orang.

Nah, itu dia beberapa ide bisnis millenial yang bisa kamu coba untuk menambah uang sakumu!

Ini Dia Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Menjanjikan!

bisnis kulinerKadang, ide bisnis adalah yang paling sulit untuk diputuskan alias bingung mau berbisnis di bidang apa. Kalau bicara bidang usaha, ada banyak sekali yang ada, dan dari sekian banyak itu, bisnis di bidang kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjadi idaman. Buat kamu yang masih ragu mau menekuni bisnis kuliner, berikut ada beberapa alasan kenapa sih bisnis kuliner itu menjanjikan? Apa untungnya besar? Yuk simak ulasannya!

1. Selama Orang Masih Makan dan Minum, Bisnis Kuliner Tak Akan Pernah Mati

Selama orang masih butuh makan dan minum, maka usaha kuliner jelas masih menguntungkan alias tidak akan pernah mati. Seperti yang kita tahu, di luar sana banyak sekali bisnis yang “gulung tikar” alias bangkrut. Penyebabnya tentu beragam dan salah satunya adalah trend yang semakin menurun, hal tersebut tidak pernah terjadi pada industri kuliner, ya siapa sih yang nggak butuh makan serta minum? So, ini poin plus bagi kamu yang memang berniat untuk terjun ke dunia kuliner, nggak akan pernah redup!

2. Produk Beragam, Tidak Perlu Pusing Mau Berbisnis Apa

Indonesia merupakan negara yang penuh keberagaman termasuk dalam hal kuliner, ada banyak sekali makanan khas asli Indonesia dari berbagai Daerah yang bisa kamu jadikan ide untuk usaha kuliner kamu di masa mendatang, referensi pun ada di sekitar kamu sendiri, bahkan bisa dari diri kamu sendiri. Dan inilah salah satu alasan kenapa bisnis ini cukup menjanjikan dibanding industri bisnis lain.

3. Bisnis Kuliner Mudah di Inovasi

Nggak mungkin dong selamanya mau menjual itu itu saja? Nah, hal seperti itu juga tidak akan terjadi pada usaha kuliner, kamu tidak mungkin kehabisan inovasi mengenai produk yang dijual, selain karena produk kuliner yang berragam, kebanyakan makanan atau minuman juga bisa di inovasi sehingga membuat bisnis anda hidup terus dan ini berkaitan dengan poin pertama yakni bisnis kuliner tak pernah mati.

4. Mudah Menargetkan Calon Pembeli

Untuk industri bisnis kuliner, kamu bakal mudah menentukan pasar ke siapa produk kamu akan dijual, misalnya kamu bisa berjualan di lokasi yang dekat kampus, sekolah atau perkantoran, itulah target kamu. Jadi kamu tidak akan mengalami yang namanya pusing berbisnis hanya karena bingung mau pilih lokasi yang sama.

5. Keuntungan Berlipat

Terakhir, keuntungan yang ditawarkan dari bisnis tersebut itu bisa berkali lipat. Kenapa demikian? Karena kita bisa mendapatkan harga bahan baku untuk membuat masakan dengan harga yang terjangkau dan untuk masalah harga, kita sendiri bahkan bisa menciptakan harga sendiri asal produk yang kita buat memang benar-benar enak dan lezat.

Inspirasi Bisnis Unik Buat Para Penggemar Cokelat

bisnis unikBagi kamu pecinta cokelat, sudah pasti gak asing dengan berbagai macam olahannya. Mulai dari kue, cookies, es krim, selai, dan masih banyak yang lainnya. Berbagai macam merek olahan dari cokelat sangat banyak di pasaran. Kalau kamu penggila cokelat, mengapa gak mencoba peruntungan dengan bisnis unik dengan olahan cokelat? Mau tau olahan cokelat apa yang unik dan berbeda dari yang lainnya? Simak nih!

1. Tempe Cokelat

Olahan kripik tempe dengan varian rasa barbeque, balado, keju dan lain lain sudah banyak dijual di pasaran. Namun, apakah pernah kamu menemui olahan tempe cokelat? Mungkin sebagian dari kalian pernah tahu. Namun, pelaku bisnis  unik dengan tempe cokelat ini belum banyak di Indonesia. Jadi, kesempatan bagus buatmu untuk memulai bisnis ini. Siapa tang tidak suka tempe. Semua orang pasti tahu makanan tempe, apalagi dipadu dengan rasa cokelat yang manis, membuat cemilan ini berbeda dari yang lain.

2. Mie Cokelat

Olahan mie selalu digandrungi para pecinta kuliner. Ditambahkan keju, mayonaise, daging ham, dan sebagainya membuat citarasa mie semakin lezat.  Tapi, bagaimana dengan mie yang diolah dengan rasa cokelat? Menarik bukan?! Bisnis makanan dengan menu mie cokelat akan membuat orang penasaran. Jika kamu punya warung atau kafe kecil, bisa sertakan menu ini sebagai daya tarik makanan unik dan belum banyak dijumpai ini. Bisa juga dimixkan dengan level pedas? Sudah pasti bisnis ini diminati oleh masyarakat.

3. Pentol Cokelat

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar pentol atau bakso isi cokelat? Tertarik? Snack cokelat satu ini memang unik, karena biasanya pentol itu isi daging, cabe, atau abon. Tapi, dengan dipadu cokelat lumer, orang akan merasakan sensasi lain ketika makan pentol cokelat. Bisnis unik ini sangat potensial untuk kamu kembangkan. Bermodal gerobak, kamu akan memiliki bisnis unik pentol cokelat yang belum banyak orang kembangkan. Bisnis unik ini sangat potensial jika kamu sungguh-sungguh menggelutinya.

4. Minuman Cokelat Unik

Minuman cokelat merupakan salah satu varian minuman yang banyak diminati. Rasa cokelat manis dan menenangkan bisa dinikmati saat panas ataupun dingin. Apa varian minuman coklat yang kalian tahu? Choconut, chococaramel, dan lain lain. Itu adalah rasa-rasa yang umum yang ada di pasaran. Jika, kamu ingin memulai bisnis unik dibidang ini, Cobalah membuat nama rasa dari cokelat yang unik dan beda dari yang lain, sehingga membuat pembeli merasa penasaran dan ingin mencobanya. Namun, tetap utamakan kualitas produknya ya.

Manfaat Berbisnis Sejak Muda

manfaat berbisnisBerbisnis atau berwirausaha merupakan suatu hal yang menyenangkan bahkan menjadi hobi bagi sebagian orang. Bisnis dapat dilakukan dengan cara menjual produk atau membuka jasa. Seperti sekarang ini, bisnis menjadi semakin berkembang di kalangan masyarakat seperti adanya bisnis online. Tentunya dibalik berbisnis atau berwirausaha itu terselip banyak kandungan positifnya. So, bagi kalian yang sudah pernah ataupun jago dalam berbisnis pastinya sudah merasakan manfaatnya, kan. Mau tau apa saja manfaat berbisnis? Ini dia jawabannya!

1. Menambah Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah modal utama yang harus dimiliki oleh orang yang akan berbisnis. Dengan melakukan bisnis atau berwirausaha membuat tingkat percaya diri kita bertambah. Tanpa adanya self confident maka bisnis pun tidak akan berjalan. Seperti berani dalam menawarkan produk serta berani mengambil resiko dan sebagainya sudah merupakan satu paket agar lebih PD. Nah terutama bagi yang pemalu, manfaat berbisnis ternyata bisa menghilangkan sifat pemalu, lho.

2. Menambah Pengalaman dan Wawasan

Manfaat berbisnis yang selanjutnya adalah menambah pengalaman dan wawasan yang didapatkan. Semakin lama kita berbisnis, semakin banyak pula pengalaman serta wawasan yang kita peroleh. Pengalaman pahit dan manis akan terasa seiring berjalannya waktu, namun hal itu akan menjadi motivasi bagi bisnis yang kita jalani.

3. Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Jiwa kewirausahaan akan timbul dan tumbuh dengan sendirinya melalui berbisnis. Dengan cara mencari ide dan strategi berbisnis, jiwa kewirausahaan pun akan tumbuh semakin kuat. Selain itu, manfaat dalam berbisnis bisa kamu dapatkan melalui manajemen produk, waktu, pemasaran dan sebagainya.

4. Memperluas Pergaulan

Bisnis merupakan interaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Seorang pebisnis akan berusaha mencari konsumen dalam memasarkan produknya. Manfaat berbisnis berikutnya adalah karena semakin luas dalam memasarkan produk, maka semakin luas pula pergaulan kita.

5. Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas merupakan kemampuan mengembangkan atau menciptakan ide dan cara baru. Sedangkan inovasi yaitu kemampuan dalam menciptakan hal baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Untuk memajukan suatu bisnis, strategi tentunya sangatlah diperlukan yaitu dengan adanya kreativitas dan inovasi. Jadi, manfaat berbisnis yang dapat kamu rasakan adalah kreativitas dapat berkembang seiring dengan munculnya inovasi dalam diri kita.

Masih Nganggur? Yuk Coba Memulai Bisnis

memulai bisnisPeluang kerja di jaman yang semakin modern ini, semakin sedikit. Banyak lulusan dari Perguruan Tinggi yang bersaing untuk mendapatkan posisi kerja yang sesuai dengan jurusan yang ditempuhnya, sehingga menyebabkan persaingan di dunia kerja semakin ketat. Bagi kalian  yang telah lulus namun belum mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan yang kalian inginkan, kalian tidak perlu putus asa karena banyak nih hal atau potensi dalam diri kamu yang dapat digali. Memulai bisnis mungkin cocok untuk kalian yang masih nganggur dan tidak ada aktivitas setelah kalian lulus. Berikut tips untuk kalian yang memilih untuk memulai bisnis!

1. Gali Passion

Sesuaikan hobi kalian untuk memulai bisnis, sesuatu yang kalian gemari pasti akan senang untuk melakukannya. Nah untuk itu hobi kalian bisa jadikan sekaligus memulai bisnis yang menghasilkan, anggap awal hanya iseng karena kalian tidak ada aktivitas. Tidak perlu memikirkan bagaimana cara memasarkan atau nantinya bisnis kalian akan rugi. Berpikir sederhana dulu,  hobi gambar bisa dicoba buat desain baju, kemudian bisa serahkan ke penjahit agar kalian bisa melihat bentuk nyata dari karya yang telah kalian buat.

2. Memulai Bisnis Yang Sesuai Dengan Modal

Modal bagi seorang yang memulai sebuah bisnis akan menjadi hambatan yang utama, pasti alasan utama untuk tidak mau bisnis adalah karena tidak mempunyai modal. Akan tetapi modal juga bukan faktor utama bisnis itu akan bertumbuh pesat. Untuk itu kalian harus memantapkan diri, tetap terjun meskipun dengan modal yang tak seberapa. Pilih usaha sesuai dengan kapasitas modal yang kamu miliki. Contoh, kamu bisa memulai sebuah bisnis dengan berjualan dengan sistem online bisa jadi pilihan untuk meminimalkan biaya yang dikeluarkan, apalagi di jaman yang serba digital sekarang orang lebih banyak ingin praktis untuk berbelanja.

3. Temukan Peluang

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang kurang dari mereka, ikut ibu berbelanja di tukang sayur, atau ada arisan di kampung kalian akan mendapat informasi tentang apa yang dibutuhkan di lingkungan tempat tinggal kalian. Tapi, kalau diantara kalian merasa di tempat tinggal kalian sudah tidak ada peluang bisnis maka kalian harus ciptakan peluang itu sendiri. Berinovasi dengan produk yang sudah ada, memulai bisnis dari menambah cita rasa atau pun bentuk pelayanan yang beda dari pesaing yang sudah ada.

Yuk ciptakan lapangan pekerjaan, kurangi pengangguran di sekitar!